Sabtu, 01 Januari 2011

FENOMENA MULTIMEDIA

Sebagai salah satu media dalam kegiatan belajar dan mengajar, multimedia mempunyai peran dalam yang cukup besar agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar. Hal ini disebabkan oleh daya lingkupnya yang luas yaitu dapat menggabungkan unsur audio serta visual sekaligus. Selain itu, sepatutnya para pengembang multimedia tetap memperhatikan unsur bahasa dalam penyampaiannya. Karena penyampaian dengan bahasa yang kaku atau sulit dimengerti maka kemampuan multimedia pun menjadi sia-sia.

Terlebih lagi dengan perkembangan internet dan teknologi, penyebaran multimedia menjadi semakin luas dan mudah. Masyarakat tak lagi harus pergi ke toko untuk mendapatkan buku, cd interaktif, dan media pembelajaran lainnya. Cukup dengan komputer yang sudah terhubung ke internet masyarakat sudah bisa mendapatkan yang mereka butuhkan. Bahkan sekarang ini terhubung ke internet tidak hanya dapat dilakukan dirumah atau warnet, tapi di tempat umum sekalipun dapat dilakukan. Sehingga mendapatkan media pembelajaran sudah begitu mudah.

Akan tetapi, tidak semua media yang terdapat dalam internet bisa dipercaya. Karena dalam internet semua orang dapat mengunggah dan menyebarkan multimedia yang ia ciptakan. Tak ada larangan dan batasan umur, pemahaman, keilmuan, dan wawasan dalam menciptakan media tersebut. Dan sebagian besar media yang tersebar kurang memperhatikan unsur bahasa, baik dalam lisan maupun tulisan. Padahal bahasa mempunyai peran yang cukup penting dalam kualitas media yang meraka ciptakan. Mungkin mereka mempunyai informasi yang penting tapi karena bahasa yang kurang tepat, pengguna multimedia dapat merasa bingung dan bosan dengan penjelasan mereka. Sehingga membuat mereka salah pemahaman, atau menurunkan niat mereka untuk belajar.

Sebagai pelajar maka tidak salah jika kita membuat media pembelajaran dengan multimedia tapi masih terdapat kekurangan. Dengan seringnya kita memproduksi multimedia, kemampuan dalam berbahasa secara tidak langsung dapat terlatih dan meningkat. Dan tidak pula untuk tetap belajar dan mencari informasi agar multimedia yang kita dapat memberikan informasi, menggugah niat belajar, serta tak melupakan tata bahasa.