Selasa, 08 November 2011

Leadership

Leadership atau dalam bahasa Indonesia yaitu kepemimpinan adalah suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang memberikan manfaat bagi individu dan kelompok (Sarros dan Butchasky, 1996). Walaupun bukan suatu bidang ilmu akan tetapi kepemimpinan bisa dipelajari oleh semua individu dengan praktek mulai dari diri sendiri kemudian kepada orang lain.

Secara umum, orang akan mengatakan seseorang dapat menjadi seorang pemimpin jika dia memiliki ciri yang penting yaitu karisma, pandangan ke depan, persuasi dan intensitas. Atau dalam sumber lain mengatakan bahwa pemimpin harus memiliki ciri, integritas, bertanggung jawab, pengetahuan yang luas, komitmen, dan percaya diri.

Akan tetapi, masyarakat Indonesia kini lebih condong pada pemimpin yang berkharisma dan berprilaku sopan dan santun. Sehingga ciri lain yang diperlukan untuk menjadi pemimpin tidak diperhatikan atau malah tertutupi karena terpesona dengan karisma individu tersebut. Karena pemimpin bukan hanya orang yang dapat dijadikan contoh teladan tapi juga dapat bersifat tegas dalam menegakkan peraturan dan berani dalam mengambil resiko.

Sebenarnya, dalam kepemimpinan yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW pemimpin harus memiliki 4 ciri yaitu : 1. Shidiq atau benar. Artinya benar karena segala tindak tanduk sikap dan perbuatan dari pemimpin dilandasi kebenaran. 2. Amanah atau dapat dipercaya. Artinya segala ucapan dan janji ditepati dan dilakukan. 3. Fathonah atau Cerdas. Pemimpin harus cerdas sebagai syarat dalam pengantisipasi segala permasalahan yang mungkin akan muncul dan mempunyai dan yang paling penting adalah cerdas dalam artian mampu membuat solusi atas berbagai permasalahan yang ada melalui berbagai sudut pandang. 4. Tablig atau penyampaikan. Selain ketiga sifat yang disebutkan diatas, pemimpin harus bisa menyampaikan dan mensosialisasikan segala kebijakan yang diambil.

Sumber : http://www.keuanganpraktis.com/2009/06/kepemimpinan-teladan-sifat-kepemimpinan.html
http://www.anneahira.com/motivasi/kepemimpinan.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar