Jumat, 14 Mei 2010

Desain Grafis

Sumber : http://fenni.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/11017/Desain+Grafis.pdf

Dalam Desain Grafis para prgorammer dituntut bukan hanya menampilkan gambar yang menarik bagi suatu aplikasi, akan tetapi juga kenyamanan, kemudahan dipahami dan terlebih lagi tidak memberatkan kinerja komputer dalam pemrosesan grafik dalam aplikasi tersebut.

Ada 6 Prinsip dalam Desain grafis yaitu :
Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. www.worldwidestore.com :
Situs ini adalah sebuah pusat perbelanjaan besar dalam dunia maya, walaupun cenderung lebih kepada toko barang-barang antik. Situs ini menampilkan barang-barang antik yang menjadi kebanggaannya di main page, kemudian situs ini mengelompokkan barang-barang antiknya sesuai dengan kategorinya. Kategori barang-barang antik tersebut yaitu asal barang-barang tersebut, seperti dari mesir, eropa, yunani, cina dll. Dan juga kategori jenis benda tersebut seperti barang pecah belah, patung, pedang, coin dsb.

Selain itu, tiap kategori mempunyai ruang sendiri seperti main level, lower level, dan upper level. Tiap level mempunyai kelompok kategori sendiri mirip dengan supermarket yang tiap lantainya ditujukan untuk barang yang berbeda-beda. Dan tak lupa ada kotak search engine yang membantu pengunjung menemukan barang yang dimaksud.

Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.
www.schwab.com :
Dalam situs schwab.com terdapat sebuah prinsip clarity yaitu backround website yang putih polos. White Space:
- Berperan penting bagi mata.
- Menyediakan simetris dan keseimbangan melalui penggunaannya.
- Memperkuat dampak pesan.
- Membiarkan mata beristirahat dari setiap kegiatan elemen.
- Digunakan untuk mengembangkan kesederhanaan, keanggunan, kemewahan, dan kemurnian.
Dengan backround putih pengunjung situs dapat melihat dengan jelas tiap elemen website yang ditampilkan. Pemakaian backround putih ternyata dipakai oleh banyak situs terkenal seperti www.google.com, www.yahoo.com, www.youtube.com, dll.

Dalam situs inipun warna putih di bubuhi campuran warna-warna hangat dan sejuk sehingga tidak membuat mata lelah seperti, jingga, biru muda, dan beberapa warna pastel seperti warna-warna cat tembok rumah yang membuat yang biasanya dibaut sejuk atau hangat untuk dilihat.

Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya. http://www.santafean.com/: Situs ini menampilkan tentang seni, ruang makan, dan beberapa aspek tentang perumahan, atau bisa lebih dikonotasikan sebagai situs sebuah kota. Konsistensi memang harus dilihat setelah situs sudah lam dipublish dan kita amati dari tahun ke tahun perubahan apa saja yang terjadi. Atau mungkin situs yang lebih umum adalah situs pencari google, yang dari dulu sampai sekarang homepagenya adalah berupa lambang google dan kotak ketik untuk pencarian, sisanya hanya berupa backround putih dan beberapa option.

Konsistensi diperlukan agar para pengunjung/pengguna tetap tidak bingung dalam mengoperasikan/bersluncur dalam sebuah web/aplikasi. Sehingga para pengguna tetap merasa nyaman walaupun terdapat perbedaan-perbedaan dalam sebuah situs. Memang sebuah situs pun tidak baik halamnannya tetap dari tahun ke tahun walaupaun ada perubahan bisa disiasati dengan cara melakukan perubahan secara perlahan-lahan dan tidak secara berangsur-angsur.

Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface.
Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan. www.delta.com :
Dalam situs ini beberapa bar penting seperti login, informasi penerbangan, ataupun beberapa informasi penting untuk berwisata seperti perencanaan, travel, hotel dll. Bahkan detail kecil pun dapat dilihat dari situs ini yaitu peringatan (alert) berwarna merah yang kontras dengan backround berwarna putih.

Sebenarnya masih ada beberapa prinsip dalam desain grafis untuk dibahas tapi mungkin akan dilanjutkan lain kali. Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat.

2 komentar: