Minggu, 02 Mei 2010

Visualisasi Informasi

Sumber : http://agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5633/Visualisasi+Informasi.doc

Visualisasi Informasi


Dalam dunia "perkomputeran" semua yang mengalir dan berproses adalah kumpulan-kumpulan data yang berupa angka biner, oktal, desimal, atau heksadesimal dan huruf. Pada awalnya user yang memberikan data yang akan diproses oleh komputer yang akan berubah menjadi informasi. Informasi inilah yang diperlukan oleh user untuk kepentingannya dalam mengambil sebuah keputusan.

Akan tetapi, bagaimanakah cara agar user bisa langsung memahami informasi yang dia dapatkan? Tidak mungkin semua user adalah orang ahli yang mengerti informasi yang ditampilkan oleh komputer. Dalam visualisasi informasi programmer dituntut agar penyajian informasi sebuah data bisa menjadi user frendly bagi user awam sekaligus tidak menghilangkan detail penting bagi user ahli.

Materi yang lengkap dibawah ini :


  • Apa itu "Informasi ?"

- Item-item, entity-entity, hal-hal yang tidak memiliki korespondensi fisik secara langsung.

- Dugaan abstrak dari entity penting juga.

· Apa itu "Visualisasi ?"

- Penggunaan komputer-pendukung, penggambaran data visual interaktif untuk memperkuat pengamatan. Dari [Card,Mackinlay Shneiderman ' 98]

MANTRA : ikhtisar dulu, tingkatkan dan menyaring kemudian permintaan detail -- Ben Shneiderman

  • Inti :

- Mengambil materi tanpa suatu penyesuaian fisik dan memetakannya ke suatu 2-d atau 3-d ruang fisik

- Memberi informasi tentang suatu penyajian visual yang bermanfaat untuk analisa dan pengambilan keputusan

  • Visual membantu kita berpikir

- Pengamatan eksternal

- menyediakan suatu kerangka acuan, tempat penyimpanan sementara

  • Tujuan visualisasi adalah pengertian yang mendalam, bukan gambar

- Pengertian yang mendalam

Penemuan, Pengambilan keputusan, Penjelasan

Domains: Teks, Statistik, keuangan/ data bisnis, internet, informasi, perangkat lunak,
  • Analisis Data

- Data item dengan atribut atau variabel

- Menghasilkan tabel-tabel data

  • Struktur-struktur visual

- Substrate mengenai ruang, tanda, properti tanda grafis

  • UI dan interaksi

Tugas analitik untuk dilakukan

Komponen Studi

  • Search (pencarian)

- Menemukan suatu potongan informasi yang spesifik

Berapa banyak game yang braves menangkan di tahun1995?

Novel apa yang pengarangnya ian fleming?

  • Browse

- Melihat atau memeriksa sesuatu dengan cara kebetulan, mencari informasi yangmenarik

Belajar tentang kristalografi

Apa yang telah jane lakukan belakangan ini?

  • Analysis (analisis)
  • Comparison-Difference (perbandingan-perbedaaan)
  • Outliers, extremes (ekstrim)
  • Patterns (pola)
  • Assimilate (asimilasi)
  • Categorize (menggolongkan)
  • Locate (menempatkan)
  • Identify (mengidentifikasi)
  • Rank (peringkat)
  • Associate (rekanan)
  • Reveal (mengungkapkan)
  • Monitor (monitor)
  • Maintain awareness (melihara kesadaran)


  • PENGUMPULAN JUMLAH

- Mengakumulasi elemen individual ke dalam sebuah unit yang lebih besar untuk menghadirkannya seperti sesuatu yang utuh/lengkap.

  • OVERVIEW DAN DETAIL

- Menyediakan baik tinjauan global maupun kemampuan detail zooming.

  • FOKUS + KONTEKS

- Menunjukkan detail dari satu atau lebih daerah di dalam sebuah konteks global yang lebih besar (eg, fisheye).

  • DRILL-DOWN

- Memilih item individual atau set yang lebih kecil dari sebuah tampilan untuk sebuah pendapat detail / analisis.

  • BRUSHING
Memilih atau menunjuk / memspesifikasikan nilai, kemudian melihat item yang tepat di tempat lain pada tampilan.

Pokok Persoalan


· Desain Grafik

- sangat penting dalam informasi fisualisasi

- mensti menampilkan data dan hubungan-hubungannya(relationship), menjelaskannya

- lampiran buku-buku menyediakan banayak baris pedoman/petunjuk

· Stabilitas

- menampilkan informasi menjadi sangat menarik sebagai ukuran dari perkembangandata

- menyelesaikan piksel-piksel pada beberapa titik

- membutuhkan pengumpulan, navigasi(pembelajara lebih lanjut)

· Interaksi

- computer menyediakan kemampuan interaktif yang kita tidak peroleh pada halaman cetak

kerap kali, harus menelusuri(mempelajari) dan berlatih tentang tampilan-tampilan data yang berbeda untuk menambah wawasan.

Penggambaran secara hierarki
  • Definifsi

Urutan dari item-item dimana item tertentu merupakan induk atau moyang dari item lainnya.

  • Contoh : Sistem Berkas

Folder / direktori dengan folder / subdirektori dan berkas didalamnya.

  • Variasi dari teknik Hirarki
Tradisional tree views, alternative, views ruang pemberkas.
  • Representasi isi ruang dikembangkan oleh Shneiderman dan Johnson
  • Anak tergambar dalam orang tua mereka / Anak “dikandung” dibawah orang tua
  • Horisontal dan Vertikal alternatif mengiris pada setiap tingkat kesuksesan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar